Ini Dia Alasan Kenapa di Indonesia Sering Terjadi Gempa Bumi

Bencana alam sering kali terjadi di berbagai belahan dunia, baik yang disebabkan oleh faktor alam itu sendiri ataupun akibat dari ulah manusia. Bencana alam juga kehendak dari Tuhan Yang Maha Esa, tidak bisa kita duga kapan akan terjadi, jika Tuhan sudah berkehendak maka terjadilah. Di zaman modern seperti sekarang ini sudah banyak alat canggih yang berfungsi untuk memberitahukan kita akan datangnya bencana alam, diantaranya alat untuk memantau aktivitas gunung merapi yaitu Seismometer dan Tiltmeter, alat tersebut berfungsi untuk memantau aktivitas gunung merapi yang jika sewaktu-waktu akan meletus. Canggih bukan? tapi kali ini saya bukan membahas tentang gunung merapi, melainkan saya akan membahas tentang bencana alam Gempa Bumi.

Ini Dia Alasan Kenapa di Indonesia Sering Terjadi Gempa Bumi

Pasti kalian semua sudah tau kalau di negara kita ini sering sekali terjadi bencana alam Gempa bumi. Negara Indonesia merupakan negara yang rawan terjadi gempa, banyak peristiwa gempa bumi yang terjadi di Indonesia, apa kalian masih ingat bencana alam gempa bumi yang terjadi di Aceh tahun 2004 lalu? Gempa bumi yang terjadi di Provinsi Aceh tersebut sampai menimnulkan Tsunami, karena pusat gempa yang terletak di tengah laut, banyak saudara kita yang meninggal akibat dari tsunami tersebut. Kali ini saya akan membagikan informasi mengenai Alasan kenapa di Indonesia sering terjadi Gempa bumi.


Apa itu Gempa Bumi?

Gempa Bumi (Earthquake) atau Seisme adalah goncangan yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Gempa bumi dapat di ukur dengan alat yang bernama Seismometer, adapun satuan kekuatanya adalah Skala Richter. SR atau Skala Richter adalah skala yang dilaporkan oleh observatorium seismologi nasional. Jadi makin tinggi Skala Richter nya maka kerusakan yang ditimbulkan juga akan semakin besar.


Terus Alasan Indonesia Sering Terjadi Gempa Bumi Apa Sih?

Berita yang menyatakan bahwa Indonesia adalah Negara yang rawan Gempa bumi itu benar, menurut saya ada 2 faktor yang menyebabkan Indonesia sering terjadi Gempa bumi, antara lain:

  • Letak Indonesia berada pada gugusan gunung api dunia atau Ring of fire.

Ini Dia Alasan Kenapa di Indonesia Sering Terjadi Gempa Bumi

Bisa dilihat dari gambar diatas yang berwarna merah itu yang disebut Ring of fire, Indonesia rawan terjadi Gempa bumi dikarenakan terletak pada Ring of Fire, sehingga rawan terjadi gempa bumi vulkanik (gempa yang disebabkan letusan gunung merapi).

Baca juga Apa Sih Ring Of Fire itu?

  • Keadaan tektonik wilayah Indonesia.

Ini Dia Alasan Kenapa di Indonesia Sering Terjadi Gempa Bumi

 Faktor kedua yang menyebabkan Indonesia rawan terjadi gempa bumi adalah dari keadaan tektoniknya. Indonesia merupakan pertemuan lempeng tektonik dunia, di sebelah Selatan lempeng Indo-Australia, di sebelah Timur lempeng Pasifik, dan lempeng Eurasia.

Adapun faktor yang paling utama yaitu kehendak Tuhan, seperti yang saya bilang barusan bahwa jika Tuhan sudah berkehendak maka pasti terjadi, kita manusia hanya bisa berdoa dan terus memperbanyak melakukan kebaikan. Semoga kita semua dijauhkan dari bencana alam atupun marabahaya lainya, Aamiin. Sekian Informasi mengenai Alasan Kenapa di Indonesia sering terjadi gempa bumi. 
Ini Dia Alasan Kenapa di Indonesia Sering Terjadi Gempa Bumi Ini Dia Alasan Kenapa di Indonesia Sering Terjadi Gempa Bumi Reviewed by Egi Purnama on 6:58 AM Rating: 5

2 comments:

  1. Owh jadi begitu ya alasannya Mengapa Indonesia Sering Terjadi Gempa Bumi Terimakasih ya untuk penjelasannya

    ReplyDelete
  2. Terimakasih infonya, sangat menambah wawasan https://bit.ly/2O8CWwZ

    ReplyDelete

Powered by Blogger.