Rujak Bebek, Jajanan Favorit Yang Sekarang Mulai Langka

Indonesia merupakan negara yang banyak terdapat keanekaragamanya, mulai dari suku dan budayanya, bahasa, maupun makananya. Indonesia juga kaya akan rempah-rempah yang mendukung masakan Indonesia menjadi masakan yang sangat enak. Tak heran jika Rendang masuk dalam daftar makanan terenak didunia. Temen-temen pasti tau kan Rendang itu apa hehe, makanan khas dari Padang itu masuk dalam daftar makanan terenak di dunia. Tapi kali ini saya bukan bahas soal Rendang ya, Saya mau bahas soal jajanan nih, temen-temen pasti suka jajan dong, pernah jajan Rujak Bebek ga? atau baru dengar yang namanya Rujak Bebek?

Rujak Bebek, Jajanan Favorit Yang Sekarang Sudah Mulai Langka

Rujak Bebek (dibaca beubeuk) atau Rujak Tumbuk adalah makanan khas dari Jawa Barat. Rujak ini sama seperti rujak pada umumnya, yang membedakanya adalah proses pembuatanya, jika rujak pada umumnya hanya di iris kecil-kecil saja, maka rujak bebek ini justru ditumbuk atau di bebeg sampai setengah  hancur. Cita rasanya yang sangat khas apalagi ditambah cabai yang banyak, uh dijamin bikin mata langsung melek haha. Buah-buahan yang dipakai dirujak bebek antara lain, Jambu air, Pisang batu dan buah-buahan lainya khas Indonesia seperti Bengkoang, Kedondong, dan Mangga Muda. Bumbu yang dipakai juga tidak berbeda dari rujak atau petis. Semua buah-buahan dan bumbu dimasukan ke dalam alat yang berupa kayu berlubang besar seperti lumpang  kemudian ditumbuk dengan alat tumbuknya. Rujak bebek ini juga terkenal karena suaranya yang terdengar "bek bek bek".

Rujak Bebek, Jajanan Favorit Yang Sekarang Sudah Mulai Langka

Sekarang Ko Kayaknya Yang Jualan Rujak Bebek Gaada Ya?

Biasanya tukang  rujak bebek menjual daganganya dengan cara memanggul dari desa ke desa. Di daerah saya sendiri tukang rujak bebek ini masih ada walaupun tidak setiap hari keliling, Saya sendiri sangat suka dengan rujak bebek ini, cita rasanya yang khas serta menyegarkan dengan rasa yang pedas. Di kota juga saya lihat jarang yang menjual rujak bebek. Mungkin karena sekarang peminat dari jajanan tradisional ini mulai menurun, atau persaingan dengan jajanan modern lainya yang menyebabkan tukang Rujak Bebek mulai langka.

Jika di daerah kamu tukang Rujak Bebek ini masih ada maka bersyukurlah, saya yakin yang pernah nyobain jajanan satu ini pasti bakal ketagihan. Dan bagi yang belum nyobain, maka sering-seringlah berkunjung ke daerah Jawa Barat, terutama Bandung, pasti ada kok. Mari kita semua lestarikan budaya Indonesia, salah satunya dengan membeli jajanan tradisional ini. 

Rujak Bebek, Jajanan Favorit Yang Sekarang Mulai Langka Rujak Bebek, Jajanan Favorit Yang Sekarang Mulai Langka Reviewed by Egi Purnama on 5:29 PM Rating: 5

7 comments:

Powered by Blogger.